Sabtu, 18 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA AMPIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

PENTINGNYA PERIKSA HB PADA ANAK REMAJA II POSYANDU REMAJA DESA AMPIH

PENTINGNYA PERIKSA HB PADA ANAK REMAJA II POSYANDU REMAJA DESA AMPIH

AmpihNews- Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat memasuki masa remaja, seseorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga

Dilansir dari laman WHO, anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Hemoglobin diperlukan untuk membawa oksigen dan jika sel darah merah terlalu sedikit atau abnormal, maka akan terjadi penurunan kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan gejala seperti kelelahan, kelemahan, pusing, sesak napas, pucat, dan lain sebagainya.

Selain itu, anemia pada remaja putri juga bisa berdampak dalam penurunan prestasi di sekolah dan berisiko mengalami anemia saat kehamilan, sehingga menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin yang tidak optimal serta dapat menyebabkan komplikasi dalam persalinan seperti perdarahan, melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), atau bahkan terjadi kematian pada  ibu dan anak. Anemia memang kerap kali diderita oleh remaja putri yang termasuk ke dalam Wanita Usia Subur (WUS).

Minggu, 4 Februari 2024 Kader Kesehatan bersama pengurus posyandu Remaja mengadakan rutinan setiap bulannya. Bertepatan di Aula Balai Desa Ampih, dimulai pukul 08.00 peserta dari RW masing-masing berjumlah 6 anak. Dimulai dari pemeriksaan berat badan, tinggi badan, LiLa serta HB. Dibantu bidan Desa Ampih peserta juga bisa cek kadar gula secara gratis. Tidak lupa pula peserta menerima arahan seputar Kesehatan untuk bekal sendirinya.

Acara tersebut diahiri dengan pembagian PMT dan foto bersama.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

POSYANDU REMAJA Terkait

Arsip POSYANDU REMAJA

Statistik Pengunjung