Minggu, 19 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA AMPIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

PESTA DEMOKRASI SERENTAK DI PEMILU 2024

PESTA DEMOKRASI SERENTAK DI PEMILU 2024

AmpihNews- Sebagai salah satu negara paling demokratis di dunia, Indonesia memiliki keunikan tersendiri sekaligus tantangan dalam menyelenggarakan PEMILU secara langsung dan serentak di banyak wilayah sekaligus. Karena itu, masyarakat diharapkan aktif berpartisipasi menggunakan hak politiknya agar pelaksanaan pesta demokrasi ini tidak sia-sia. Keterlibatan ini bukan hanya dari segi ikut memilih, namun juga terlibat dalam pengawasan dan pemantauan agar pemimpin-pemimpin terbaik bisa dipilih murni dengan dukungan dari mayoritas rakyat di wilayahnya. Sehingga ke depan program pembangunan di daerah akan sesuai dengan aspirasi rakyat yang telah memilih pemimpin tersebut.

Rabu, 14 Februari 2024 Sebanyak 9 TPS di Desa Ampih menggelar untuk Pemilu. Petugas TPS yang disebut dengan KPPS yang dibantu oleh Linmas serta PTPS memulai apel dari jam 07.00 dan dilanjutkan pemungutan suara serta perhitungan suara. Disisi lain dari pihak Desa dan PPS Desa juga menggontrol berjalannya pemilu disetiap TPS.

Pemilu merupakan suatu prosedur yang dilakukan warga negara Indonesia guna memilih pejabat publik yang akan mengisi jabatan di pemerintahan. Pemilu dilaksanakan setiap lima tahun sekali .

Dikutip dari laman Komisi Pemilihan Umum yang merujuk pada UU Nomor 7 Tahun 2017, pada pemilu 2024 warga Indonesia akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih 5 posisi jabatan politik, yakni: Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi, dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Maka pada tanggal 14 Februari, pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Pemilu

Statistik Pengunjung