Minggu, 19 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA AMPIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

KOORDINASI P4K SERTA SURVEY MAWAS DIRI (SMD)

KOORDINASI P4K SERTA SURVEY MAWAS DIRI (SMD)

AmpiNews- Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) adalah suatu kegiatan yang difasilitasi oleh bidan desa dalam rangka peningkatan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil, termasuk perencanaan penggunaan kontrasepsi pasca persalinan dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi. Sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.

Menurut Departeman Kesehatan Republik Indonesia (2009). Tujuan P4K yaitu Meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan bayi baru lahir melalui peningkatan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kebidanan bagi ibu, sehingga bersalin dengan aman dan melahirkan bayi yang sehat. Bisa dipahami setiap persalinan beresiko oleh masyarakat luas. Memfokuskan pola motivasi kepada keluarga saat ANC dan adanya rencana persalinan yang disepakati antara ibu hamil, suami, keluarga dengan bidan.

Minggu, 4 Februari 2024 Kader Kesehatan bersama Bidan Desa adakan Koordinasi P4K bertempatan di Aula balai Desa yang diantara pesertanya adalah usia produktif serta ibu Rt dan Rw Desa Ampih.

‘’ Terdatanya sasaran dan terpasangnya stiker P4K. Adanya kesiapan menghadapi komplikasi yang disepakati ibu hamil, suami, dan keluarga dengan bidan. Adanya dukungan secara luas dari tokoh-tokoh masyarakat baik formal maupun non formal. Kader, memantau kemitraan antara bidan, dukun bayi, dan kader. Adanya rencana alat kontrasepsi setelah melahirkan yang disepakati antara ibu hamil, suami, dan keluarga, dengan bidan atau tenaga kesehatan’’ Penjelasan dari Bidan Desa.

Sebelum acara berakhir ada sedikit tambahan materi serta diskusi dari Tenaga Puskesmas Buluspesantren II yaitu tentang Survey Mawas Diri (SMD), salah satu RTL SMD yaitu adanya survey door to door yang akan dilakukan ibu kader diwilayah masing-masing dengan kata kunci penyakit yang perlu diperhatikan secara intens. Setelah adanya diskusi kader ada beberapa penyakit yang menjadi bahan kuesioner yaitu seputar Stanting, Paru-Paru, DM,HP. Kegiatan ini akan dimulai bulan Februari 2024.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter