Minggu, 19 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA AMPIH KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

SOSIALISASI SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM)

SOSIALISASI SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM)

AmpihNews- Pola hidup sehat adalah kunci untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik, menjaga energi tubuh, dan mencegah berkembangnya berbagai penyakit kronis. Dengan menerapkan kebiasaan makan makanan sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, menerapkan manajemen stres yang efektif, dan mendapatkan tidur yang berkualitas, maka kesejahteraan hidup dalam jangka panjang dapat tercipta.

Senin, 5 Februari 2024 Kader Kesehatan bersama Bidan Desa serta Masyarakat mengadakan Germas dan Posbindu, kegiatan diawali dari pukul 07.00 senam bersama setelah itu Sosialisasi Sanitasi Total Bermasis Masyarakat (STBM)  Oleh Petugas Puskesmas Buluspesantren II. Tujuan Dari pada Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) Yaitu: Pendekatan untuk merubah perilaku Higiene dan Sanitasi melalui pemberdayaan Masyarakat dengan metode pemicuan. Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), di Khususkan untuk sekala Rumah Tangga Sehingga Program ini Adalah Program Yang Berbasis Masyarakat.

Ada 5 Pilar STBM Yaitu :

1.    Stop BAB sembarangan, yang mana masyarakat di ajak untuk tidak buang air besar sembarangan seperti disungai, dihutan atau pun disembarangan tempat yang bisa berakibat menjadi tempat perkembang biakan serangga atau binatang penular penyakit.

2.    Cuci tangan pakai sabun, dengan mencuci tangan pakai sabun ini dapat menurunkan resiko penyakit menular dan dapat mengeliminir penyakit.

3.    Penggelolaan air minum rumah tangga, yang mana air jernih belum tentu bebas dari kuman dan masyarakat di ajak untuk memasak air sebelum dikomsumsi.

4.    Higiene sampah atau pengamanan sampah, dengan 3R yaitu REDUCE  yang berarti menggurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, REUSE atau menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau pun fungsi lain dan yang terakhir RECYLE yang berarti mengolah kembali sampah menjadi barang yang baru (daur ulang).

5.    Pengolahan Limbah Cair rumah tangga seperti limbah jamban yang mencakup air seni dan tinja dan limbah non jamban seperti air bekas cucian atau sejenisnya.

 

 “Masyarakat di himbau untuk selalu menjaga kelima pilar ini, dalam sosialisasi ini pun Tim Sehat Puskesmas Buluspesantren II kedepan akan berpartisipasi  langsung ke masyarakat melakukan proses pemicu STBM yang mana Insya Allah tahun depan akan dilaksanakan” imbuh  tim Sehat Puskesmas II Buluspesantren.

Mandi Cuci Kakus ( MCK ), merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting bagi kebutuhan Masyarakat, sehingga masyarakat tidak membuang air besar sembarangan, Tim dari Puskesmas berharap kepada semua peserta yang hadir agar Tetap Koordinasi Atau Sosialisasi kepada Masyarakat lain, supaya tidak BAB Sembarangan dan Cuci tangan setelah BAB, Dan Tidak membuang sampah sembarangan, itu merupakan salah satu bentuk keperdulian terhadap lingkungan masyarakat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan untuk menuju masyarakat Kebonadem yang sehat.

Dipenghujung acara peserta dan jajaran perangkat desa mengecek Tingkat Kolestros, Gula Darah dan lainnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter